Puasa Tetap Sehat dan Kuat, Yuk Terapkan Pola Makan Berikut.

nasi kotak murah, nasi box bogor, nasi box jakarta,, Prasmanan Bogor, Catering Wedding Bogor

Solosoloku

Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib untuk umat muslim. Seperti kita tahu puasa adalah menahan lapar dan dahaga dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Kondisi perut yang kosong selama berpuasa harus di awali dan diakhiri dengan makanan yang sehat dan seimbang, agar kondisi badan tetap terjaga dan optimal dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Untuk itu, ada beberapa rencana memilih menu makanan yang sehat dari buka puasa sampai sahur, dikutip dari Health24, Jumat (26/5/2017).

Makanan bergizi dan seimbang

Untuk menjaga kecukupan makanan yang bergizi dan seimbang, selama puasa harus mengonsumsi makanan dari semua kelompok makanan utama berupa buah-buahan dan sayur-sayuran; roti, sereal, dan kentang; daging, ikan dan ayam; produk susu seperti susu dan keju; dan makanan mengandung lemak dan gula.

Ketika berbuka puasa, kurma dan air putih menjadi pilihan makanan pembuka yang sehat. Kedua makanan ini membantu memulihkan kadar gula dan garam dalam tubuh.

Saat sahur, Anda sebaiknya makanan banyak mengandung karbohidrat dan berserat tinggi, seperti gandum dan kacang-kacangan.

Makanan yang kaya akan serat berupa buah-buahan juga baik dimakan serta mudah dicerna. Kebutuhan konsumsi cairan dan vitamin dari jus buah segar dapat Anda peroleh.

Hindari kafein, minuman dingin, teh, dan kopi karena menyebabkan Anda akan lebih cepat kehilangan cairan melalui buang air kecil. Anda juga akan dehidrasi.

Makanan yang harus dihindari

Makanan yang harus dihindari

Ada pula beberapa makanan yang harus dihindari saat puasa.

  1. Makanan yang digoreng, misal ayam goreng, lumpia goreng, dan keripik kentang goreng.
  2. Konsumsi gula yang tinggi dan makanan berlemak tinggi.
  3. Makanan dengan kadar lemak tinggi, seperti masakan kari yang berminyak dan kue kering yang berminyak.

Source Liputan 6.com

Leave a Reply