Capture From Google.Co.Id

Capture From Google.Co.Id

Halo Sahabat Okecatering, kali ini admin akan membagikan tips yang sering orang lupain yaitu Menata Isi Kulkas, kenapa ini penting? Karena kalau kita tidak faham,bisa saja makanan yang kita simpan di kulkas bukan menjadi awet tapi malah menjadi busuk dan tidak dapat dimakan. Yuk kita kupas tuntas.

Lemari pendingin atau kulkas merupakan tempat menyimpan makanan yang palik baik, karena dengan suhu yang rendah dan terjaga, bakteri dalam makanan tidak dapat berkembang dengan baik, sehinggi pembusukan makanan dapat dihindari, tetapi ingat tidak semua makanan boleh dimasukkan ke dalam kulkas, malahan makanan tersebut akan mudah pembusukan dan  mengakibatkan bau yang tidak sedap sehingga mencemari makanan yang lain.

 

Berikut Tips Menata Isi Kulkas :

  1. Simpanlah minuman, susu cair, dan telur pada pintu kulkas, yang perlu diingat adalah cucilah telur sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, karena pada kulit telur terdapat bakteri Salmonella entridis sehingga bakteri tersebut tidak tersebar ke makanan lain.
  2. Simpanlah daging mentah, ikan dan daging unggas ke dalam tempat tertutup seperti pada lantai 1 (paling bawah), tujuanya menghindari kontaminasi silang. Umumnya daging akan mengualarkan cairan. Bila diletakkan pada bagian paling atas, makanan yang berada di bawahnya berpotensi tercemar tetesan cairan tersebut. Tetapi perlu diingat, bila akan diolah pada waktu dekat, sebaiknya disimpan pada tempat Chiller (biasanya berwarna transparan dan terletak tepat dibawah freezer).
  3. Simpanlah sayuran pada lantai 2, dan perlu diperhatikan 3 hal : a. Pastikan sayur sebelum masuk kulkas dalam kondisi kering dan bersih. Karena air sisa mencuci bisa mempercepat proses pembusukan b. Agar lebih tahan lama, bungkuslah sayuran dengan kertas bersih, bukan dengan kertas bekas atau koran c. Hindari menympan sayuran dalam kondisi yang sudah dipotong-potong, karena justru mempercepat pembusukan pada sayuran.
  4. Simpanlah buah-buahan pada lantai 3, sama seperti menyimpan sayuran, penyimpanan buah harus memperhatikan 3 hal : a.Jangan menyimpan buah apel di dekat sayuran, karena apel memproduksi Ethylene, yang dapat membuat sayuran menjadi cepat busuk b. Hindari menyimpan sayuran dan buah yang telah busuk, karena menyebarkan gas  yang dapat meningkatkan oksidasi c. Pisahkan antara buah yang kualitasnya masih baik dengan yang sudah agak rusak. Selain itu tidak semua buah dapat dimasukkan ke dalam kulkas, seperti pisang, kiwi, tomat, dan manggis tidak tahan dengan suhu dingin dan harus disimpan di tempat yang sejuk dan memiliki suhu kamar.
  5. Simpanlah berbagai macam bahan makanan yang siap santas pada lantai 4, seperti berbagai macam makanan olahan kemasan seperti keju, susu UHT, sosis, brownies serta makanan olahan yang lainnya, selain itu pada lantai 4 juga dapat menyimpan sisa makanan, namun  harus di masukkan ke delam wadah tertutup terlebih dahulu. Hindari memasukkan sisa makanan yang telah berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam, karena sudah terkontaminasi oleh bakteri di sekitarnya.
  6. Terakhir pada tempat Freezer, taruhlah makanan yang harus disantap dalam keadaan beku, seperti es batu dan es krim. Hindari menaruh buah dan sayuran ke dalam freezer karena dapat mempercepat proses pembusukannya.

Simpanlah pada tempatnya, mungkin itu ungkapan yang benar. Simpan buah, sayuran dan daging pada tempatnya, sehingga makanan tersebut tidak mudah cepat busuk dan dapat digunakan kembali. itulah tadi tips menata isi lemari pendingin, semoga bermanfaat bagi sahabat okecatering. Tunggu artikel-artikel bermanfaat yang lainnya

Mau cari catering murah ?

Katering sehat?

Katering terpecaya?

Okecatering aja, catering terbaik dan termurah di Bogor.

Okecatering menyediakan jasa Nasi Box Murah, Nasi Box Paket Gold, Silver dan Platinum, Prasmanan dengan kualitas Oke dengan Harga Bersahabat. Snack Box dengan berbagai macam variasi menu dan harga yang terjangkau. Segera kunjungi okecatering.com

Okecatering.com (0812-188-4321)

Join the discussion One Comment

Leave a Reply